Tuesday, May 12, 2009

Ethic Assigment

Profil Perusahaan

PT. Astra International Tbk. bermula dari bisnis trading produk pertanian pada tahun 1957 di sebuah rumah sederhana dan sekarang Astra telah tumbuh dan bisnisnya beragam dengan anak perusahaan lebih dari 130 buah serta 120.000 tenaga kerja (Astra International 2008).
Grup Astra terbagi menjadi 6 kategori besar: otomotif, jasa keuangan, alat berat, agribisnis, teknologi informasi, dan infrakstruktur. Selama perkembangannya, Astra telah menjalin aliansi dengan pemain besar internasional di berbagai lini industri. Perusahaan ini telah terdaftar di JSE sejak tahun 1990 dan capital perusahaan pada bulan Desember 2006 sebesar Rp 63.9 triliun (Astra International 2008).
Astra bermitra dengan para pemain besar seperti Toyota, Honda, Isuzu, Daihatsu, Fuji Xerox, Komatsu dan GE Money. Dalam waktu singkat Astra Internasional bangkit sebagai importir dan perakit terbesar di Indonesia (Simanjuntak 2008).
Pada bulan Maret 2002, Cycle and Carriage Consortium mengakuisisi saham Astra sebesar 38.4% yang dipegang oleh Indonesian Bank Restructuring Agency (IBRA).
Visi PT. Astra International Tbk. adalah menjadi salah satu perusahaan di Asia Pasifik yang dikelola dengan baik, berlandaskan pada pertumbuhan yang sustainable, membangun kompetensi melalui pengembangan SDM, struktur finansial yang kuat, kepuasan konsumen, efisiensi, dan bertanggung jawab secara sosial dan menjadi perusahaan yang ramah lingkungan.

Analisis

Filosofi, knowledge management, dan strategi
Kesuksesan atas perkembangan perusahaan ini terkait erat dengan tata nilai mereka dan filosofi perusahaan yaitu Catur Dharma yang berbunyi sebagai berikut: To be an asset to the nation, to provide the best service to our customers, to respect individuals and promote teamwork, to continually strive for excellence (Astra International 2008) dengan prinsip operasional yaitu sinergi, kepercayaan, agility, dan tanggung jawab (FCGI 2008). Filosofi Catur Dharma merupakan Basic Assumption yang melandasi semua dasar etika dan budaya di dalam Astra.
Astra memiliki Astra Management Development Institute (AMDI) sebagai tempat untuk proses belajar atau knowledge management yang merupakan bukti komitmen Astra untuk menyediakan pelatihan terbaik untuk karyawannya. AMDI menawarkan kursus pelatihan yang luas untuk setiap level manajemen mulai dari trainee, supervisor, sampai manajemen senior. Setiap tahun AMDI mengatur Astra Quality Convention yang diselenggarakan untuk mengkultivasi pengembangan dan membangun budaya inovasi. Melalui forum ini, karyawan dari semua tingkat dapat menyerahkan dan menyajikan peningkatkan proyek untuk ditinjau. Tujuan dari program ini untuk terus memacu pengembangan dan inovasi dengan konstan, untuk mendorong sharing of best practices dan untuk memotivasi karyawan agar secara konstan terpacu untuk yang terbaik (strive for excellence) di setiap proses, produk dan pelayanannya (Astra International 2008). Dalam hal ini, AMDI sebagai sarana untuk Improving Organizational Knowledge.
Sejak dulu Astra memiliki strategi 3W yaitu: winning team, winning concept, dan winning system yang saling bersinergi untuk mendukung filosofi Catur Dharma. Winning concept bertutur mengenai konsep, metodologi, cara, dan referensi terbaru yang layak dijalankan oleh manajemen Astra guna mendukung kinerja bisnisnya. Winning system bermain pada wilayah moral, kebiasaan dan perilaku karyawan dalam bekerja dan berhubungan dengan para stakeholder-nya. Sedangkan winning team tidak lain berbicara mengenai kekuatan kelompok dalam menuntaskan semua rencana yang telah disepakati.

Continue....






View blog reactions

No comments: